Minggu, 04 Oktober 2015

BOK CHOY KUAH JERUK



 

Adakah yang suka puasa senin kamis dan  pengen yang segar saat sahur atau berbuka? Nah, ini dia. Kali ini saya punya resep untuk anda.
Beberapa waktu lalu, kami berkunjung ke rumah saudara, dan mendapatkan dua kresek jeruk sebagai oleh-olehnya. Karena kadar gula dalam jeruk tersebut (hihihi) kurang maka begitu masuk mulut rasanya, fyuuh...kecut!
Rasa-rasanya kalau di jus dan diberi sedikit gula plus es akan lebih juara ketimbang langsung dimakan begitu saja.

Nah, daripada si jeruk nganggur saya terpikir untuk memasaknya dengan bok choy, si sawi daging yang lezat. Mau tahu gimana caranya, yuk kita mulai saja!

Bok choy Kuah Jeruk




Bahan :
1 buah bok choy
1 buah tahu
1 buah tomat
1 buah jeruk

Bumbu :
1  ruas jahe
2 buah bawang putih geprek
3 buah cabai rawit
½ sdt merica bubuk
1 sdt kecap asin
1 sdt saus tiram
2 sdm minyak goreng
Air 200 ml
Gula secukupnya
Garam sejumput

Cara Membuat :
1.      Buang bonggol bok choy, lalu cuci di air mengalir, lantas iris-iris, dan sisihkan
2.      Bagi tahu menjadi dua, potong masing-masing jadi enam kotak.
3.      Potong tomat menjadi delapan bagian, sisihkan
4.      Geprek bawang putih, lalu cincang, sisihkan
5.      Iris jahe seukuran korek api, sisihkan
6.      Iris serong cabai rawit, sisihkan
7.      Peras jeruk hingga mendapatkan airnya saja.
8.      Tumis bawang putih hingga harum, baru disusul jahe dan cabai
9.      Tambahkan air, jeruk peras, kecap asin, saus tiram, dan merica
10.  Masukkan bagian bonggol bok choy lebih dulu, baru bagian daunnya.
11.  Tunggu sesaat, baru masukkan tahu, terakhir tomat, juga gula dan garam
12.  Tunggu hingga mendidih, angkat dan sajikan  seporsi bok choy kuah jeruk dalam pinggan.

Itu tadi resep bok choy kuah jeruk. Selamat menikmati.


Salam

12 komentar:

  1. Nyam nyam.. Bikin laper pagi-pagi mak :D
    Keknya seger banget yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh, ayo dicobain mbak intan

      Hapus
  2. Wiiiii....enak nih kyknya! pakai jeruk, seger! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap, kecut-kecut gimana gitu rasanya :))

      Hapus
  3. Praktikin ah. Aku suka masak bokchoy soalnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku suka juga, mbak. Bbagian batangnya yang berdaging lebih tebal itu yumm

      Hapus
  4. nelen ludah abis baca ini heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hwahahahah, masa iya mbak? aiiih

      Hapus
  5. asik, bisa dicoba niih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mangga-mangga mbak dicoba resep bokchoy nya

      Hapus
  6. Balasan
    1. iya bener banget, Mbak Putri

      Hapus