Jumat, 27 November 2015

SIMPLE RED HOT SOUP





Hujan mulai tiba, hawa dingin mulai menerpa. Pengennya sih makan yang hangat-hangat, tapi  apa daya? Mau keluar beli bakso eh hujannya nggak mau diajak kompromi. Duh, makan apa ya?
Ah, kenapa nggak coba masa Simple Red Hot Soup. Bahannya sangat sederhana. Manfaatkan apa yang ada simpan di kulkas anda. Kebetulan hari itu saya memiliki sedikit kubis, wortel, dan jagung ditambah beberapa butir bakso dan sebuah sosis.
Bumbunya? Jangan khawatir. Sesuai judulnya Simple Red Hot Soup, bumbu resep ini tidak rumit. Hanya bumbu dasar saja kok.

Mau tahu gimana caranya?
Yuk, sekarang kita mulai saja memasaknya.


SIMPLE RED HOT SOUP




Bahan :
Jagung (bisa jagung kaleng atau jagung biasa) + 2 sdm
Kubis 1-2 lembar iris tipis (kalau kurang boleh ditambahi)
Wortel satu buah (ukuran kecil), iris dadu
Bakso tiga buah, iris sesuai selera
Sosis satu buah, iris sesuai selera
Soun secukupnya

Bumbu :
Bawang putih 3 buah
Bawang merah 4 buah
Cabai rawit merah 5 buah
Merica ½ sendok teh
Garam  secukupnya (saya kurang suka asin jadi pakai ½ sendok teh)
Pala 1/8 butir
Gula secukupnya (saya suka agak manis jadi pakai + 2 sdt)
Saos tomat 2 sdm
Saos sambal 1 sdm
Minyak goreng untuk menumis secukupnya
Air 400 ml
Maizena 1,5 sdt encerkan dengan air secukupnya
Seledri 3 buah
Bawang prei/bawang daun 1 ruas jari (iris memanjang seukuran korek api)

Cara Membuat :
1.      Uleg semua bumbu sampai halus, kecuali bawang prei dan seledri
2.      Rebus semua sayur (jagung, wortel, kubis), siram air dingin dan tiriskan
3.      Rebus soun, tiriskan.
4.      Rebus cabai rawit, uleg, sisihkan.
5.      Tumis bumbu sampai harum, masukkan air bekas rebusan sayur, tambahkan seledri (boleh dicincang atau biarkan  utuh)
6.      Tambahkan cabai rawit uleg, gula, saos sambal,  dan  saos tomat
7.      Masukkan bakso dan sosis yang sudah diiris sesuai selera
8.      Terakhir kali tambahkan kanji atau maizena yang sudah dicairkan, tunggu sesaat hingga mendidih dan kuah mengental
9.      Tata soun, kubis iris, jagung, wortel, bakso dan sosis lalu guyur dengan kuah sup, hiasi dengan daun bawang yang diiris memanjang tadi.
10.  Sup siap dinikmati panas-panas.



Catatan :
Sayur dan bahan-bahan diatas bisa diganti sesuai selera.

Jadi tunggu apalagi, silakan coba resep ini!


4 komentar:

  1. Enak nih, kapan2 aku coba ah

    BalasHapus
  2. pas bangeeet ya untuk cuaca hujan dan simpel juga bikinnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Ranny, memang resep ini so simple. Maklumlah yang bikin juga bisanya resep sederhana, yang sulit-sulit itu blum bisa hahaha

      Hapus