Rabu, 16 Desember 2015

BINGUNG LAUK SAHUR MALAM? YUK, COBA RESEP DAUR ULANG : AYAM SUWIR MANIS






Hendak sahur, ternyata tak ada apa-apa di meja. Hanya semangkuk kecil sambal dan ayam goreng kemarin. Mau makan dengan lauk ayam kok bosan, karena sudah dua hari menikmatinya. Akhirnya terpikir untuk “mendaur ulang” ayam goreng jadi masakan yang baru. Fungsinya tak hanya untuk menaikkan selera makan, tetapi juga memanfaatkan lauk yang sudah kehilangan aura menggodanya agar tidak terbuang.

Bumbunya sederhana. Hanya ketumbar, merica, bawang merah, bawang putih, sedikit kunir, dan tentu saja gula beserta garam. Paduan kedua bahan terakhir itu, bisa bikin makanan lezat meski tanpa tambahan MSG (Mono Sodium Glutamat) atau penyedap.

Bagaimana caranya?
Yuk, kita mulai saja memasaknya jadi ayam suwir manis.


AYAM SUWIR MANIS



Bahan :
Ayam goreng sisa kemarin 100 gr
Ketumbar butiran ½ sdt
Merica butiran ¼ sdt
Gula 2 sdt
Garam secukupnya
Daun jeruk selembar
Kunir satu ruas jari
Bawang putih 2 buah
Bawang merah 2 buah
Air secukupnya
Minyak sedikit untuk menumis (1-2 sdm)

Cara Membuat :
1.      Pukul atau pipihkan ayam goreng dengan uleg-uleg lalu suwir-suwir kasar
2.      Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, dan kunir
3.      Panaskan minyak, lalu tumis bumbu bersama daun jeruk hingga harum
4.      Beri air secukupnya, tungguh hingga mendidih lalu taburi gula dan garam.
5.      Tunggu hingga air berkurang, lalu angkat dan siap dihidangkan dengan sambal, ketimun, dan nasi hangat.



Nah, itu tadi kreasi resep daur ulang masakan  untuk sahur kali ini. Semoga bermanfaat untuk teman-teman.

10 komentar:

  1. wah, bisa di tiru ini... kadang ayam goreng sisa males makannya karena dah agak keras...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu mbak, biasanya si ayam gak ada yang mau kalo udah gitu ya.

      Hapus
  2. Tapi ingat ayam gorengnya yang masih layak makan yaa, hehe :D
    Saya juga sering bikin kayak gini pas tiba-tiba malem hari laper pengen makan. Tapi kalo kadang lagi males masak, ya makan aja seadanya :D
    Mkaasih udah share :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, iya bener banget Jeng Sista itu harus. Kalo nggak layak makan walaaah...

      Hapus
  3. Balasan
    1. Hihihi, iseng ini ceritanya mbak Nurin

      Hapus
  4. patut dicoba nih, jika ada ayam sisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mangga, mangga Mbak Santi. Memanfaatkan ayam goreng kemarin jadi something new :)

      Hapus
  5. Kreatif. Sempet aja lagi ambil potonya.
    Hihihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. haahhahah, kalo nggak gitu gak nampak dong hasil isengnya

      Hapus