Senin, 30 Mei 2016

SUWIR AYAM PEDAS




Sudah lama saya tidak terjun ke dapur. Kalaupun terjun paling-paling untuk mencicipi masakan. Bukan masak. Haha, belakangan saya memang ngantor lagi. Kerja mulai jam sembilan pagi sampai pukul lima sore, bikin saya jarang noleh ke dapur lagi. 
Tapi, senin kemarin saya keisengan saya kumat. Kebetulan saya sedang off, kelaparan, dan tidak menemukan lauk kece di meja makan. Melihat ayam goreng yang sudah digoreng ulang karena sejak kemarin tidak ada yang makan rasanya kok kurang selera. Sebab itulah saya mulai melirik bumbu-bumbu dapur, mencari apa saja bahan yang mungkin dimasak bersamanya dan menjadikannya masakan daur ulang yang sedap.

Tidak banyak yang saya temukan. Hanya sedikit kunyit, cabai rawit yang melimpah di kulkas, bawang merah, serta bawang putih. Kemiri terpaksa beli. Sementara daun jeruk, kemangi, dan daun pisang minta ke Nenek.
Nah, daripada kelamaan yuk kita ulik saja resep daur ulang kali ini!

SUWIR AYAM PEDAS


Bahan :
Ayam goreng bagian dada 
Bumbu :
Bawang putih 2 butir
Bawang merah 3 butir
Gula 2 sdt
Garam ½ sdt
Kemiri 2 butir
Kunyit 2 ruas jari
Cabai merah besar 2 buah
Cabai rawit merah 15 butir
Daun jeruk 2 lembar
Minyak untuk menumis secukupnya
Cara Membuat :
1.      Ambil ayam goreng sisa kemarin, pukul dengan uleg-uleg, lalu suwir kasar. Sisihkan.
2.      Uleg semua bumbu hingga halus.
3.      Masukkan minyak untuk menumis, biarkan hingga panas,
4.      Masukkan bumbu dan oseng hingga wangi,
5.      Masukkan ayam yang sudah disuwir tadi, aduk dengan bumbu sampai rata
6.      Sisa bumbu dalam cobek beri air kurang lebih 50 cc, masukkan dalam wajan
7.      Aduk bumbu beserta ayam hingga rata
8.      Biarkan sedikit kering lalu angkat
9.      Suwir ayam goreng pedas siap disantap


Suwir ayam pedas, resep daur ulang, masakan daur ulang, Ayam

8 komentar: