Senin, 14 April 2014

TUMIS WORTEL KEMBANG KOL SAUS TIRAM UNTUK SAHUR ESOK MALAM



             
Yang pernah puasa sunnah puasa senin kamis pasti pernah mengalami seperti saya. Hendak sahur tapi sayurnya sudah tak ada. Lauk sisa makan tadi sore sudah tandas pula. Melirik kulkas isinya hanya  tak lengkap juga. Dalam kasus saya hanya ada dua buah wortel, kembang kol yang tinggal separuh,  dan telur rebus saja. Masa makan mie lagi-mie lagi sih? Makan mie terus kan nggak sehat buat badan kita. Agar tetap fit saat puasa kita butuh asupan lain selain karbohidrat yang terkandung dalam mie instan. 

                Ketimbang pusing kepala, akhirnya saya tumis saja wortel dan kembang kol yang ada. Selain menumis tu tidak butuh waktu lama dan yang paling penting gabungan dua bahan itu baik lho bagi tubuh kita. 

Mau tahu kenapa? Berikut ini alasannya :


-          Wortel dikenal sebagai sayuran yang mengandung beta karoten tinggi. Dalam tubuh kita beta karoten akan diubah menjadi vitamin A yang fungsinya adalah menjaga kesehatan mata, melindungi tubuh dari infeksi serangan bakteri patogen, juga mencegah penuaan dini.
-          Sedangkan Kembang kol mengandung asam askorbat (vitamin C) yang tinggi.  Vitamin C diperlukan bagi tubuh untuk menjaga struktur kolagen. Itu tuh sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut,  tulang rawan, dan jaringan lain dalam tubuh manusia. Bersama dengan elastin, kolagen menjaga kulit tetap sehat. Kolagen membuat kulit jadi kenyal dan kuat, sedangkan sementara elastin melenturkan.
-          Tak hanya itu, kedua sayuran ini juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker lho. Kadar beta karoten dalam wortel dan indole 3 carbinol dalam kembang kol-lah yang berperan untuk mengurangi resiko terkena kanker.

Nah, setelah membaca penjelasan diatas kini waktunya kita  memasak  wortel dan  kembang kol.  Caranya seperti berikut ini :



 TUMIS WORTEL KEMBANG KOL SAUS TIRAM

Bahan :
Wortel 50 gr
Kembang kol 50 gr

Bumbu  :
Cabai rawit  6 biji
Bawang putih 2 buah
Bawang merah 3 buah
Merica  ½ sendok teh
Saus tiram 1 sendok teh peres
Tepung maizena 1 sendok teh
Cuka  1 sendok teh
Gula  1 sendok teh
garam secukupnya

Cara Membuat :
-          Kupas bawang merah dan bawang putih lalu iris tipis-tipis
-          Bersihkan wortel dari kulitnya, lalu cuci dan potong serong
-          Cuci kembang kol lalu, potong-potong sesuai kuntumnya. Jika terlalu besar belah jadi dua
-          Siapkan wajan, masukkan 2 sendok makan minyak lalu tumis bawang merah dan bawang putih
-          Setelah layu dan berbau harum masukkan kembang kol dan wortel dan oseng hingga layu.
-          Tambahkan air secukupnya  lalu masukkan cabai rawit ke dalamnya.
-          Beri  saus tiram, gula,  garam, dan cuka
-          Sebelum masakan diangkat, larutkan 1 sdt maizena dalam 2 sendok makan air lalu tuang ke atas masakan. Tunggu sesaat hingga kental dan masakan siap dihidangkan.

Untuk lauk, manfaatkan saja telur rebusnya. Jika bisa bosan dimakan begitu saja, bisa diolah menjadi telur rebus salut tepung.



 Sayangnya saat menggoreng saya kelupaan, sehingga jadi gosong dan tampilannya tak terlihat menyenangkan. Tapi rasanya...hm tetep yummm!

Nah, selesai sudah “TUMIS WORTEL KEMBANG KOL SAUS TIRAM UNTUK SAHUR ESOK MALAM” kita bicarakan.  Semoga bisa menjadi  alternatif resep untuk sahur  anda.  Sampai jumpa lagi di resep untuk sahur berikutnya.


Salam koki rumahan.



2 komentar:

  1. penasaran telur rebus salut tepung itu gimana ya mba? salam kenal ^_^

    BalasHapus
  2. oh telurnya hanya dibalur tepung dikasih merica dikit sama saus tiram mbak, kasih air lalu digoreng.

    BalasHapus