Jumat, 12 Desember 2014

RESEP COOKIES TOPPING CHOCOCHIP




Soal baking memang bukan keahlian saya. Tetapi tak ada salahnya kan belajar? Kebetulan beberapa waktu lalu  Simbah  lagi bikin cookies berdasarkan resep  Dik Ita. Nggak tahu apa nama persisnya, yang jelas bukan nastar atau kastengel, karena resepnya berbeda. 

Apa sih istimewanya resep kue kering kali ini? Dalam resep ini tidak menggunakan telur sama sekali. Jangan khawatir, meski tanpa telur kuenya tetap empuk dan lezat! Jadi nggak perlu ngotot waktu menggigitnya. Sekarang mari kita mulai membuatnya.



RESEP COOKIES TOPPING CHOCOCHIP


Bahan :
-        1 kg terigu
-        ½ ons roombutter
-        ½ kg mentega (cairkan)
-        ½ kg minyak goreng
-        ¼ kg gula halus
-        Vanili secukupnya
-        Tepung roti
-        Chocochip 

Cara Membuat :
-        Mixer bahan-bahan diatas kecuali terigu, pastikan adonan benar-benar mengembang benar sebelum terigu dimasukkan
-        Uleni adonan tersebut dengan terigu hingga kalis
-        Pulung, bentuk bulat sesuai selera, lalu gulingkan dalam tepung roti sampai merata
-        Tata di atas loyang dan beri chocochip di atasnya
-        Bakar hingga matang


Note :
Proses memanggang bisa memakan waktu hingga 45-50  menit bila dimasukkan sebelum oven panas benar, so panaskan oven dulu sebelum mulai baking. Biasanya kalau sudah panas proses oven berlangsung cepat (maaf, aye lupa ngitung waktunya).

10 komentar:

  1. Gampang banget ya Mak bikinnya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi lebih gampang makannya buat saya mbak Diane, tapi ini resep paling simple yang pernah saya tahu.
      Cuma hati-hati soal pemilihan bahan ya, kalo bahannya yang nomer dua enaknya berkurang

      Hapus
  2. Enak gurilem nih kayaknya bundaa.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya pas bagian nyoba (saya banget), pas bikinnya ahaaak...saya pilih nongton deh

      Hapus
  3. Waaah.. ini dia resep yg kucariii... tapi aku gak punya roombooternya hiks.. nyari dulu deh. Makasih, mbak Afin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama Mbak Ley, ini juga boleh nyomot resep sepupu hihi

      Hapus
    2. roombutternya bisa diganti butter biasa?

      Hapus
    3. maaf lama jawabnya, karena saya nggak terlalu paham jadi saya nyomot jawaban Mbak Anik Nuraeni yang jago baking hihi

      Anik Nuraeni ,: Room butter tuh butter suhu ruang dlm penyimpanannya. Contohnya wysman. Mc corman. Boss, blue triangle dll. Lebih harum aromanya. Tapi bisa disubstitusi pakai butter non room butter atau pun margarin. Atau margarin aroma butter

      Hapus
  4. hmm.. keliatan kalau enak, resep - resep kayak gini yang aku cari mbak.. hemat krn ga pake telur, enak, gampang dan cepat hihihi.. akan aku coba resep ini hehe.. makasih ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama Mbak Kristin, ini juga nyomot resep sepupu kok

      Hapus