Senin, 05 Januari 2015

RESEP FLABBY MANGO



  Mangga memang buah favorit banyak orang. Rasanya yang manis dan harganya yang murah membuatnya jadi pujaan. Sayangnya buah mangga pemberian orang kali ini rasanya masam. Saking masamnya jadi nggak tega makan. Mau dibuang sayang, tapi kalau dilihatin doang ya kasihan si mangga.
Terpikir oleh saya untuk memanfaatkan mangga jadi kue yang lezat. Muffin kek, cake apa kek...Itu sebelum saya ingat kalau saya punya keterbatasan. Ya ketrampilan, ya peralatan, ya bahan-bahan. Maklum, saya memang tukang masak minimalis *hihi bilang aja nggak bisa. Apa yang nemu di dapur dan kulkas itulah yang dimanfaatkan.
Kebetulan di kulkas saya menemukan nemu sedikit margarin, susu sachet instan, dan telur. Nah, daripada lama-lama memble yuk kita mulai saja membuat kue Flabby Mango.



 RESEP FLABBY MANGO

Bahan :
Susu bubuk (plain flavor) 3 sdm larutkan dalam 100 cc air
Gula 60 gr
Buah mangga apel 150 gr
Margarin 60 gr
Terigu 7 sdm
Telur 1 butir

Cara Membuat :
-          Kocok telur dan gula hingga putih dan mengembang (kalau ada mixer silakan, kalau nggak ada pakai garpu aja cukup)
-          Blender mangga atau kalau tidak ada blender silakan diparut saja
-          Masukkan mangga dalam adonan tersebut, aduk-aduk
-        Tambahkan terigu, aduk hingga rata
-        Lelehkan margarin dan masukkan ke dalam adonan
-        Tambahkan susu cair, aduk kembali baru tuang dalam gelas kecil atau mangkuk alumunium foil (kalau nggak ada itu daun pisang pun jadilah, bentuk jadi takir atau kerucut)
-        Kukus dalam  panci atau dandang hingga matang
-        Sajikan kue flabby mango hangat-hangat

Note :
Bila kurang suka susu, boleh saja diganti santan. Saya sudah coba yang pakai santan, rasanya jauh lebih gurih dibanding resep yang menggunakan susu. Cuma untuk tekstur, bau, dan rasa saya lebih suka yang pakai susu.

Selamat mencoba, kawan. Silakan lho kalau mau mengubah resep dan menjadikannya lebih mengejutkan.

4 komentar:

  1. Wah kie baru nich, belum pernah merasakan
    Kalau jenang pelok yang terbuat dari isi mangga sudah pernah waktu kecil
    Terima kasih resepnya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. wa Pakdhe pertamax, hihi.
    Iya Pakdhe ceritanya dibuang sayang. Makasih udah mampir

    BalasHapus
  3. Sy jg pernah makan mangga apel mateng pohon tp rasanya asem, akhirnya jd gak suka sm nih mangga. Eh kmrn lg ngobrol sm temen dia bilang ternyata mangga apel enak kok. Sy heran kok bs? Kata temen sy, setlh mangga yg mateng pohon dipetik jgn langsung dimakan, tp dibiarkan dl 2 harian, baru deh enak dimakan dan manis katanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wo pantesann, soalnya yang buah terakhir saya biarin kok agak manis. Jadi itu rahasianya? Wahahah, baru tahu saya.

      Hapus