Rabu, 04 Februari 2015

EGGLESS STEAMED SOURSOP




Menyenangkan sekali ketika kita diberi sesuatu oleh teman, seperti hari itu saat saya bertandang ke rumah Fita. Kebetulan buah sirsaknya sudah matang dan saya diberinya satu untuk dibawa pulang.

Setelah beberapa hari rasanya bosan juga, makan sirsak begitu saja. Maka itu saya terpikir untuk membuat kue berbahan dasar sirsak yang resepnya diadaptasi dari resep simple kue pisang. Sayangnya saya tidak punya telur. Jadi akhirnya saya ganti saja dengan bahan lainnya, yaitu minyak sayur. Jika kurang suka minyak sayur bisa juga diganti dengan pisang ambon masak atau puree apel juga bisa.

Nah, daripada kita berlama-lama. Ayuk kita mulai saja membuat Kue Sirsak kukus tanpa Telur alias Eggless Steamed Soursop.


 
EGGLESS STEAMED SOURSOP

Bahan :
Sirsak 150 gr
Tepung 150 gr
Baking powder 1 sdt
Susu bubuk coklat 40 gr
Garam sejumput
Gula 50 gr
Minyak 150 cc
Vanili ½ sdt (saya nggak pakai karena nggak ada)
Wijen (secukupnya) untuk taburan

Cara Membuat :
1.      Ambil sirsak matang, ambil sebanyak 150 gr, lalu lumatkan (sebaiknya gunakan blender agar tekstur kue nantinya tidak sekasar punya saya)
2.      Ambil wadah, masukkan sirsak ke dalam campuran minyak dan gula, aduk-aduk dengan mixer (kalau tidak ada, menggunakan garpu seperti yang saya lakukan juga bisa)
3.      Masukkan sedikit demi sedikit campuran tepung, garam, susu coklat, dan baking powder
4.      Uleni hingga tercampur rata, masukkan dalam loyang yang sudah diolesi mentega, lalu taburi wijen
5.      Kukus  selama 45 menit (atau bila ditusuk lidi adonan tidak terikut)
6.      Angkat dan dinginkan, baru potong-potong dan sajikan Eggless Steamed Soursop-nya


  


Oh ya Fin bagaimana rasanya begitu dicicipi?



Kata Simbah, Ibu, dan Tante sih lumayan untuk kue yang dibikin tanpa peralatan memadai. Hahaha...Tapi jujur saja masih banyak kekurangan dalam kue itu. Teksturnya tidak selembut yang saya inginkan. Karena itu jika teman-teman berniat mengotak-atiknya silakan. Siapa tahu justru menemukan resep yang lebih ciamik.

4 komentar:

  1. kreatif mak, dengan bahan seadanya jadi kue yang ciamik rasanya.
    patut di tiru # ijin ya mak :)

    BalasHapus
  2. bikin laper
    mau coba resepnya ya

    salam kenal

    BalasHapus